SEJARAH LAHIRNYA IKAMANSA-MAKASSAR








LATAR BELAKANG LAHIRNYA Ikatan Alumni Man1 Kota Bima Atau Yang di Singkat Ikamansa di Tanah Daeng Sulawesi Selatan


Atas berkat rahmat dan rahimnya Allah swt, sehingga apa yang menjadi angan-angan kita bersama dapat terwujut. seiring dengan perkembangan jaman dan kesadaran dari generasi mudah untuk menempuh pendidikan diberbagai perguruan tinggi di Indonesia, maka kami melihat lebih khususnya di kota Makassar bahwa alumni MAN 1 kota Bima setiap tahun semakin bertambah, sehingga kami menilai perlu adanya wadah yang mempersatukan atau mempererat Ikatan silaturrahim keluarga besar alumni MAN 1 kota Bima pada umumnya dan terhusus yang ada  di Makassar. 

     sehingga gampang  diakomodir untuk memberikan sumbangsi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Negara, dan agama. Terlepas dari itu, banyak sekali keluhan adik-adik generasi muda  yang baru menginjakan kaki di kota Makassar untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi terkait masalah pengurusan administrasi akademisi karna masih minim pemahaman terkait masalah akademisi, sehingga muncul inovasi kami semua sebagia tanggung jawab moral untuk membimbing dan membina adik-adik untuk menuju proses yang lebih baik.  

    Banyak sekali Alumni MAN 1 kota Bima yang meraih prestasi yang begitu gemilang sehingga mengangkat citra MAN 1 kota Bima, namun itu semua tidak tercatat oleh sejarah karna tidak adanya wadah yang bisa mengangkat prestasi yang diraih. ada satu hal yang membuat kami merasa ibah, ketika kita bertemu di jalan kita tidak saling mengenal antara senior dan junior, padahal kita lahir dari satu rahim yang sama yaitu MAN 1 Kota Bima, oleh sebab itu kami berinsiatif untuk membentuk wadah yang bisa merangkul semuanya, yang kami beri nama “Ikatan Alumni MAN 1 Kota Bima” (IKAMANSA) Makassar.

Ikatan Alumni MAN 1 Kota Bima di bentuk pada tanggal, 22 Mei 2016 M. di gedung CBP UIN Alauddin Makassar, maka dengan adanya wadah seperti ini kita bisa menjaga Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah sesama Alumni MAN 1 Kota Bima.

     Sehingga melahirkan persatuan yang kokoh, sebab persatuan dan kesatuan merupakan benteng pertahanan dari ancaman dan kehancuran, sedangkan perpecahan akan merusak hubungan persaudaraan (ukhuwa islamiyah) yang mengakibatkan lemahnya organisasi,walau demikin bukan berarti dalam organisasi kita tidak boleh berbedah faham dan berselisih pendapat, tetapi jadikanlah perbedaan dan perselisihan itu sebagai suatu sumber kekayaan pengetahuan baru.

    Allah swt menciptakan perbedaan bukan untuk saling menafikan, tetapi Allah menciptakan perbedaan itu untuk saling melengkapi kekurangan yang ada, perbedaan pendapat adalah hal yang lumrah dan bahkan sangat mustahil untuk kita hindari dalam berlembaga.
                                          Makassar, 15 Juni 2016


DEKLARASI   IKAMANSA

    Atas ijin Allah swt, kami dari Alumni MAN 1 KOTA BIMA dengan ini mendeklarasikan organisasi  yang kami bentuk sejak dari tanggal 22 Mei 2016 sampai pada hasil akhir hari ini, tanggal 15 Juni 2016 organisasi ini kami beri nama “Ikatan Alumni MAN 1 Kota Bima” yang di singkat IKAMANSA

     Dengan terbentuknya organisasi ini, maka menjadi tanggung jawab bersama bagi seluruh  Alumni MAN 1 kota Bima,  terkhususnya bagi seluruh Alumni MAN 1 kota Bima yang ada di Makassar untuk menjaga dan menjunjung tinggi rasa kekeluargaan, konstitusi organisasi serta menjaga nama baik organisasi IKAMANSA.



                                                         Kampus 2 UIN Alauddin Samata-Gowa, 15 Juni 2016 M
                                                10 Ramadan 1437 H



Komentar